Sukses

Kuliner Betawi Gugah Selera

Tinggal di Jakarta kurang lengkap tanpa mencicipi makanan khas Betawi. Mulai dari laksa, kerak telor, gabung pucung, hingga bir pletok, tersedia dalam kuliner Betawi.

Liputan6.com, Jakarta: Bir pletok. Jangan langsung berfikir kalau minuman yang dimaksud mengandung alkohol. "Bir" khas Betawi itu ternyata dibuat dari campuran jahe, kapulaga, gula, dan ramuan tradisional lainnya. Dinamakan pletok karena waktu dimasak kapulaganya berbunyi, "pletok-pletok."

Ada juga makanan yang disebut laksa Betawi. Rasanya gurih, dengan campuran toge berkecambah, santan, dan daun kucai. Laksa bisa dikatakan merupakan warisan budaya kuliner Indonesia yang cukup lama.

Jangan lupa mencoba gabus pucung. Makanan Betawi tersebut juga cukup langka. Dibuat dari ikan gabus yang dibumbui kluwek dan cabe rawit. Tidak ketinggalan semur jenggol, yang akan menggugah selera makan. Dan jangan abaikan, kerak telor yang diolah dengan cara unik dan asinan betawi yang tiada duanya.

Sebagai kota yang dibanjiri oleh para perantau, Jakarta memang menjadi kota yang kaya ragam makanan. So, jangan mengaku warga Betawi kalau belum mencoba kuliner khas kota Bang Pitung itu. Penasaran rupa-rupa kuliner Betawi? Simak dalam video berita berikut.(OMI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.