Sukses

Tol Sedyatmo Mulai Berlakukan Sistem Baru

Jasa Marga mulai memberlakukan sistem baru transaksi di Tol Bandara mulai Senin (18/9) pukul 00.00 WIB. Dengan sistem ini, para pengguna tol dapat mempersingkat waktu transaksi.

Liputan6.com, Jakarta: Jasa Marga mulai memberlakukan sistem baru transaksi di Tol Sedyatmo (Bandara) mulai Senin (18/9) pukul 00.00 WIB. "Transaksi dilakukan cukup satu kali saja untuk memperlancar arus lalulintas menuju Bandara Soekarno Hatta yang semakin padat," kata Pjs Direktur Operasi Jasa Marga, Abdul Hadi seperti dilansir ANTARA.

Menurutnya, kehadiran tiga terminal di Bandara Soekarno Hatta menuntut tersedianya layanan jalan tol yang lebih cepat sehingga perubahan sistem transaksi merupakan keputusan yang tepat. Abdul Hadi menyatakan perubahan sistem transaksi ini berbarengan dengan kenaikan 13 ruas tol yang diberlakukan pada waktu yang sama, sebanyak 10 diantaranya dikelola Jasa Marga.

Kepala Divisi Lalu Lintas PT.Jasa Marga Tbk, Septerianto Sanaf mengatakan, transaki di Tol Sedyatmo selama ini dilakukan dua kali masing-masing di Gerbang Kamal dan Cengkareng masing-masing Rp 2.500 dan Rp 3.500, begitu juga sebaliknya di Cengkareng dan Pluit. Namun dengan perubahan sistem lalu lintas transaksi dilaksanakan cukup satu kali saja masing-masing di Tol Cengkareng untuk kendaraan menuju bandara dan Gerbang Kamal untuk menuju tol dalam kota.

"Bagi pengguna kendaraan yang menuju tol dalam kota akan membayar sekaligus transaksi Rp 4.500 untuk Tol Sedyatmo dan ditambah Rp 6.500 tol dalam kota, ini yang akan disosialisasikan kepada pengguna jalan karena banyak belum paham," ungkapnya.

Pemberitahuan mengenai perubahan sistem ini sudah dipersiapkan dalam bentuk spanduk dan banner yang intinya memberitahukan kepada pengguna jalan mengenai perubahan sistem transaksi. Menurut Sanaf perubahan sistem transaksi ini mampu mereduksi waktu sampai dengan 50 persen.(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.