Sukses

Pawai 500 Ondel-ondel Ramaikan Jakarta

Sejumlah siswa melakukan pawai 500 buah ondel-ondel di wilayah Jakarta Pusat. Aksi ini dilakukan untuk melestarikan budaya lokal.

Liputan6.com, Jakarta: Siswa siswi SMA Kanisius melakukan pawai 500 buah ondel-ondel di Jakarta Pusat, Sabtu (5/9). Upaya ini dilakukan guna melestarikan budaya lokal agar kasus klaim negara lain atas kekayaan budaya Tanah Air tak terulang.

Di antara ratusan ondel-ondel, terdapat beberapa yang wajahnya sudah dimodifikasi. Bahkan, terdapat ondel-ondel yang menggunakan wajah kartun luar negeri. Saat ditanya, para siswa SMA yang menari ondel-ondel  dengan iringan lagu Benyamin Sueb itu mengaku ingin berkreasi dan menciptakan sesuatu yang baru.

Ondel-ondel adalah salah satu kesenian tanah Betawi. Pada awalnya, kesenian ini digunakan untuk menolak bala. Namun seiring perkembangan zaman, ondel-ondel dipakai untuk memeriahkan berbagai acara. Saksikan kemeriahan pawai di video berita ini.(WIL/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.