Sukses

Warga Cianjur Panik

Sejumlah warga Desa Cikangkareng, Cianjur, Jawa Barat, ketakutan menyusul adanya isu terjadi gempa susulan. Warga menanggapi serius menyebarnya SMS berisi kabar gempa susulan.

Liputan6.com, Cianjur: Isu akan muncul gempa susulan lebih besar begitu menghantui warga Babakan Caringin, Desa Cikangkareng, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Ini terbukti ketika banyak warga berhamburan ke luar rumah mencari perlindungan ke tempat yang aman, Sabtu (5/9) pagi. Mereka makin yakin ketika pengumuman dari masjid imbau agar warga berlindung.

Kekhawatiran warga dipicu menyebarnya pesan pendek (SMS) perihal gempa sebesar 8,6 skala Richter. Warga tambah panik ketika disebut-sebut akan muncul gempa lebih besar pada pukul 02.00 WIB. Pantauan SCTV, tadi pagi, getaran sekecil pun tak terjadi.

Terlepas dari isu gempa susulan, evakuasi korban longsoran masih berlangsung. Rencananya Tim Penyelamat dan warga akan menambah alat-alat berat. Korban tewas sejauh ini ditemukan sebanyak 20 orang, sementara 47 lainnya belum ditemukan [baca: Korban Gempa: Harapan Saya Sudah Hancur].

Sementara itu bantuan terhadap para korban gempa di Tasikmalaya, Jabar, belum datang. Keadaan warga yang mengungsi di depan kantor kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya, semakin memprihatinkan. Sudah empat hari mereka tinggal di sana. Dan tadi pagi, mereka makan sahur sebungkus nasi dan lauk seadanya. Dan itu pun mesti dibagi dengan anggota keluarganya. Seorang ibu bahkan harus berbagi satu nasi bungkus dengan tujuh anggota keluarganya [baca: Para Pengungsi Tetap Ingat Tuhan].(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini