Sukses

Kekayaan Quran di Bayt Al Quran

Bayt Al Quran atau rumah Quran di TMII, Jakarta, dikunjungi 42.000 orang per tahun. Sekitar 400 koleksi memenuhi ruang pamer Bayt Al Quran dan Museum Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta: Bila berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, cobalah mampir ke Bayt Al Quran atau rumah Quran. Bayt Al Quran berdiri sejak 1997 dan telah mengoleksi beragam jenis benda. Antara lain mushaf kuno dan kontemporer, karya arsitektur Islam, senjata, hiasan, dan manuskrip serta benda-benda seni lain bernapaskan Islam seantero Nusantara. Tak kurang dari 42.000 pengunjung tiap tahunnya datang ke wahana yang bersifat konservasi, edukasi, dan rekreasi ini.

Sekitar 400 koleksi memenuhi ruang pamer Bayt Al Quran dan Museum Istiqlal. Bedanya pada Bayt Al Quran memamerkan materi inti kitab suci Quran, baik yang ditulis tangan hingga cetak. Lalu pada Museum Istiqlal lebih menyajikan koleksi karya seni budaya bangsa Indonesia bernapaskan Islam seperti manuskrip keagamaan selain Quran, benda arkeologis dan karya arsitektur serta benda tradisi dan seni rupa kontemporer yang paling banyak diminati pengunjung.

Seluruh bangunan terdiri atas 3 lantai dan satu lantai basement serta masjid di depannya. Bentuk arsitekturnya merupakan citra gaya rancangan tradisional dengan sentuhan modern, yaitu perpaduan bentuk bujur sangkar dan atap tumpang limasan seperti masjid-masjid tua di pulau Jawa umumnya. Selengkapnya saksikan video berita ini.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini