Sukses

"Ngabuburit" Sambil Buka Facebook? Boleh Saja, Asal...

Bolehkah bermain video game atau Facebook sambil menunggu waktu berbuka? Ustad Subki al-Bughuri mengatakah hal tersebut boleh dilakukan dengan beberapa catatan.

Liputan6.com, Jakarta: Apakah boleh menunggu waktu berbuka puasa dengan bermain game atau membuka Facebook? Pertanyaan tersebut mungkin sempat terlintas di benak Anda. Menurut Ustad Subki al-Bughuri, hukum untuk hal tersebut adalah mubah alias boleh-boleh saja, namun dengan beberapa catatan.

Ustad Subki mengatakan menunggu waktu berbuka sambil bermain game atau Facebook sah dilakukan asalkan tidak mendominasi waktu berpuasa. Ia menambahkan orang dewasa hendaknya bisa memilih kegiatan lain yang lebih bermanfaat daripada bermain game.

Anjuran tersebut didasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang menyebut "Sebaik-baiknya keislaman seseorang adalah mampu meninggalkan sesuatu yang sesungguhnya tidak membahayakan dirinya." Artinya, bukan sesuatu yang haram atau dilarang, namun seseorang akan lebih mulia di hadapan Allah jika mengutamakan kegiatan bermanfaat seperti membaca Al-Quran, dzikir, dan istighfar. Simak penjelasan lengkap Ustad Subki al-Bughuri di video berikut.(WIL/AND)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini