Sukses

Berbagai Elemen Tanggapi Masalah DPT

Masalah DPT bukan urusan para capres yang bertarung. Berbagai elemen yang tanggap akan masalah ini pun bertindak. Mereka menggelar unjuk rasa di gedung KPU.

Liputan6.com, Jakarta: Massa dari Republik Demokrasi dan Aktivis 98 berunjuk rasa di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Senin (6/7). Aksi ini seakan melengkapi demonstrasi elemen masyarakat lain yang menuntut penggunaan Kartu Tanda Pengenal (KTP) bagi mereka yang tidak tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Selain menuntut penggunaan KTP saat akan memilih 8 Juli nanti, mereka juga meminta Komisi Pemilihan Umum untuk menunda pemilu.

Tuntutan tersebut sejalan dengan permasalahan dua pasangan calon presiden Megawati-Prabowo dan Jusuf Kalla-Wiranto. Mereka sempat melakukan rapat tertutup untuk membahas masalah DPT. KPU yang setuju dengan usulan kedua kubu dalam hal penyelesaian masalah DPT memutuskan untuk melakukan penyisiran di masyarakat. Meski demikian, keputusan tertinggi kekisruhan ini berada di tangan Mahkamah Konstitusi [baca: Pimpinan MK Akan Bahas Penanganan Sengketa Pilpres].(OMI/YUS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.