Sukses

Car Free Day Dinilai Tak Bermanfaat

Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta, diklaim menurunkan tingkat polusi. Namun, sejumlah aktivis lingkungan berpendapat Car Free Day hanya memindahkan titik polusi.

Liputan6.com, Jakarta: Hari Bebas Kendaraan Bermotor alias Car Free Day kembali diberlakukan di jalur cepat Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Ahad (28/6). Program ini diklaim menurunkan tingkat polusi di Ibu Kota. Tapi, sejumlah aktivis lingkungan hidup berpendapat Car Free Day hanya memindahkan titik polusi.

Pendapat para aktivis bukan tanpa alasan. Pasalnya, saat jalur cepat Jalan Sudirman-Thamrin dibebaskan dari kendaraan bermotor, di jalur lambat justru asap knalpot tetap mengepul dari macetnya kendaraan.

Satu di antara kunci untuk membujuk warga Jakarta beralih dari kendaraan pribadi sebenarnya terletak pada kenyamanan dan keamanan berkendara umum. Tapi nyatanya, kualitas layanan transportasi publik masih jauh dari itu. Mungkin sudah sepatutnya ada program menyeluruh yang dibarengi komitmen kuat untuk mengatasi masalah polusi di Ibu Kota.(IKA/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.