Sukses

Jakarta, 482 Tahun Lalu

Nama Sunda Kelapa diubah menjadi Jayakarta oleh Fatahillah tepat 482 tahun lalu. Tadi malam, saat bersejarah itu dirayakan ribuan warga Ibu Kota di Taman Impian Jaya Ancol.

Liputan6.com, Jakarta: Hari ini, 22 Juni, diperingati sebagai hari lahir Kota Jakarta. Tepat 482 tahun lalu atau 22 Juni 1527, seorang pemuda bernama Fatahillah mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta, setelah menyerang bangsa portugis yang menduduki bandar ini.

Tadi malam, saat bersejarah itu dirayakan ribuan warga Ibu Kota di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Selain perayaan dengan pesta kembang api, tidak ketinggalan artis-artis papan atas, seperti Kangen Band, ikut memeriahkan suasana.

Di usianya yang hampir mencapai lima abad, masih banyak persoalan yang harus diselesaikan Pemprov Jakarta dan warganya. Mulai dari kemacetan parah yang terjadi setiap hari, banjir, sampai ketimpangan sosial antara si miskin dan si kaya yang begitu nyata di depan mata. Semoga kota ini terus berbenah ke arah yang lebih baik. Selamat Ulang Tahun, Jakarta!(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.