Sukses

Sebagian Warga Jakarta Kesulitan Air Bersih

Ketersediaan air bersih masih menjadi barang langka bagi sebagian warga Jakarta. Namun kini sudah ada sumur dan fasilitas kamar mandi umum yang dibangun perusahaan swasta.

Liputan6.com, Jakarta: Air bersih ternyata masih menjadi barang langka bagi warga Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara. Padahal, kawasan ini dekat dengan Ibu Kota. Keluarga Fatimah, misalnya. Selama 20 tahun tinggal di daerah itu, ia harus menempati rumah tanpa fasilitas mandi-cuci-kakus (MCK) dan kurangnya ketersediaan air bersih. Dari pantauan SCTV, Rabu (10/6), kesulitan air bersih ini ternyata dialami juga oleh semua warga di lingkungan Rukun Tetangga 01/Rukun Warga 03, Kelurahan Semper Timur, Cilincing.

Beruntung kini sudah ada water well dan fasilitas MCK umum yang dibangun perusahaan swasta di kawasan tersebut. Water well yang berarti air layak memang bukanlah teknologi canggih. Istilah water well sebenarnya digunakan untuk sebuah sumur sedalam 12 meter yang digali dan sengaja dibuat dekat kamar mandi umum. Tujuannya agar masyarakat tidak lagi buang air di sembarang tempat dan senantiasa mendapat air bersih untuk beragam keperluan.

Pembangunan water well di kawasan Semper Timur bukan yang pertama. Ada sekitar 70 water well lain di Indonesia yang dibangun di kawasan dengan kondisi kekurangan air bersih. Proyek water well biasanya menghabiskan dana hingga Rp 50 juta. Proyek yang didanai perusahaan swasta ini rencananya akan terus berlanjut merambah ke seluruh daerah di Tanah Air.(IAN/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini