Sukses

Aksi Damai untuk Udara Bersih

Tingkat polusi di Jakarta semakin memprihatinkan. Untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, ribuan orang melakukan aksi damai berjalan kaki untuk mengkampanyekan udara bersih.

Liputan6.com, Jakarta: Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni kemarin, ribuan orang yang tergabung dalam Gerakan Anti Udara Kotor melakukan aksi damai dengan berjalan kaki dari Monumen Nasional (Monas) menuju ke Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Dalam acara yang diadakan Kementerian Lingkungan Hidup ini turut serta ribuan pelajar, mahasiswa dan berbagai kalangan masyarakat. Mereka prihatin atas keadaan kota Jakarta yang semakin hari semakin terbebani polusi. Polusi ini ditengarai dapat mengakibatkan penurunan intelijensi anak-anak generasi sekarang.

Menurut staf khusus lingkungan hidup, Mangisara Lubis, polusi di Jakarta sudah mencapai titik memprihatinkan. "Perlu kerjasama antara pemerintah untuk memperluas wilayah hari bebas kendaraan bermotor," ujar Lubis.

Aksi damai berjalan kaki ini sendiri merupakan awal dari rangkaian acara kampanye udara bersih. Kegiatan selanjutnya adalah program uji emisi gratis dan menanam pohon yang digelar hingga Sabtu (6/6), siang ini.

Selain di Jakarta, Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga diperingati di enam kota besar lainnya secara serentak, yaitu Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. (LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini