Sukses

Pemerintah Mendukung Penggusuran di Jakarta

Mensos Bachtiar Chamsyah mengatakan, pemerintah memang merestui penggusuran di beberapa daerah di Jakarta. Korban penggusuran disarankan segera pulang ke kampung halaman masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah merestui penggusuran di beberapa daerah di Jakarta. Dan, untuk meringankan beban warga yang tergerus, pemerintah mengaku akan mengucurkan dana Rp 350 juta. "Kita [pemerintah] memahami sikap gubernur yang ingin menegakkan hukum. Tapi, kita salah paham bahwa mereka [korban gusuran] ini juga bangsa Indonesia," tutur Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, seusai pertemuan dengan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Jusuf Kalla serta Kepala Dinas Pembinaan Mental dan Kesra Pemda DKI, Jumat (24/10) siang.

Menurut Bachtiar, dana tadi akan dikucurkan Ahad besok. Di samping duit, Depsos juga memberikan 39 ton beras, 1.500 kain sarung, 1.500 selimut, dan 1.000 buah tas sekolah. Bachtiar mengatakan, bantuan adalah bentuk kepedulian terhadap sekitar 1.300-an kepala keluarga korban gusuran. Selanjutnya mereka disarankan segera kembali ke kampung halaman masing-masing.

Satu di antara daerah yang tergusur ialah wilayah Kali Adem, Muara Karang, Jakarta Utara, pada Oktober ini [baca: Penggusuran di Kali Adem Dilanjutkan]. Di daerah itu, sebagian warga suka rela merobohkan sendiri rumah mereka. Sedangkan sebagian lainnya masih memilih bertahan.(ICH/Syaiful Halim dan Jhoni Akbar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini