Sukses

Menghijaukan Hutan Beton Jakarta

Sebuah pameran flora dan fauna diselenggarakan pemda setempat untuk mendorong penghijauan di Jakarta. Pameran juga diselenggarakan untuk menunjukkan bahwa kondisi Ibu Kota Negara masih aman.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah Daerah Jakarta menyelenggarakan pameran flora dan fauna untuk umum di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/8). Pameran yang menampilkan berbagai jenis tanaman hias maupun tanaman buah serta hewan yang bisa dikoleksi pengunjung ini diselenggarakan untuk mendorong penghijauan di Jakarta. Pembukaan pameran juga dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat. Acara yang sudah menjadi agenda tahunan ini akan dibuka hingga 25 Agustus mendatang.

Dalam kesempatan itu, Sutiyoso juga mengimbau agar masyarakat untuk tidak terpaku pada peristiwa pengeboman Hotel JW Marriott, Selasa silam [baca: Ledakan Bom Hebat Mengguncang Plaza Mutiara]. Gubernur Jakarta Sutiyoso mengatakan, pameran ini sekaligus untuk menunjukkan kondisi di Ibu Kota Negara masih aman.

Keseimbangan antara pembangunan gedung dan kawasan penghijauan sebenarnya memang sangat penting untuk wilayah Jakarta yang kerap dilanda banjir. Sebab, beton untuk membangun gedung otomatis menghambat resapan air. Sayangnya, kesadaran masyarakat, termasuk kalangan pengusaha, terhadap pentingnya kawasan hijau sangat lemah. Bahkan, tata kota pun dilabrak demi kepentingan bisnis. Kawasan sepanjang Slipi sampai Mal Citra Land, misalnya [baca: Master Plan Tata Kota DKI Harus Dibenahi]. Daerah yang semula direncanakan untuk kawasan penghijauan itu kini malah berubah total menjadi pusat perkantoran dan pertokoan.(ZAQ/Syaiful Halim dan Agus Ginanjar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini