Sukses

Pengedar Uang Palsu Dibekuk di Kampung Melayu

Gentar Doy Bestari, pengedar uang palsu pecahan Rp 100 ribu ditangkap di kawasan Kampung Melayu, Jaktim. Dari tersangka, polisi menyita uang palsu sebesar Rp 1,7 juta.

Liputan6.com, Jakarta: Polisi menangkap Gentar Doy Bestari, pengedar uang palsu di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, baru-baru ini. Penangkapan berawal dari kecurigaan polisi terhadap kelengkapan surat kendaraan minibus Suzuki Carry yang dikemudikan Gentar. Saat digeledah, polisi menemukan 17 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu.

Duit palsu milik Gentar cukup unik. Warna bagian belakangnya tak berbeda dengan uang asli. Bahkan, nomor serinya pun bervariasi. Namun, warna di bagian depan lebih kuning. Jika dilipat warnanya memudar. Sejauh ini, polisi masih mengembangkan keterkaitan tersangka dengan Iskandar, anggota jaringan uang palsu lain.

Dua minggu sebelumnya, polisi mengungkap kompolotan pembuat uang palsu pecahan Rp 100 ribu di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dari tempat tersebut, polisi mendapatkan uang palsu yang siap diedarkan senilai Rp 28 juta [baca: Digerebek, Tempat Pembuatan Uang Palsu di Jakarta].

Tak hanya di Ibu Kota, polisi juga menangkap pengedar uang palsu pecahan Rp 20 ribu dan Rp 100 ribu di Palembang, Sumatra Selatan. Dari tersangka, Kepolisian Sektor Ilir Barat I Palembang, Sumsel, menyita uang palsu sebanyak Rp 12,9 juta yang siap diedarkan [baca: Polisi Palembang Membekuk Tiga Pengedar Uang Palsu.(ZAQ/Syaiful Halim dan Mohammad Guntur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini