Sukses

Konjen RI Mengaku Tak Dapat Informasi

Konjen RI di Jeddah, Arab Saudi, mengatakan pihaknya tak mendapatkan informasi soal hukuman pancung terhadap seorang TKI.

Liputan6.com, Jakarta: Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Arab Saudi, angkat bicara terkait hukuman pancung terhadap seorang Tenaga Kerja Indonesia bernama Ruyati. Menurut Konsul RI di Jeddah, Didi Wahyudi, pihaknya tak mendapatkan informasi soal kasus ini.
 
"Bukan hanya pada saat pelaksanaan hukuman gantung saja yah. Tapi saat pertama kasus ini diinvestigasi, kami tidak pernah diberi informasi," kata Didi kepada Liputan 6 SCTV, Ahad (19/6).
 
Didi mengatakan, pihak Kedutaan Besar RI di Jeddah sempat bertemu Ruyati di pengadilan dan di penjara. Ia menegaskan, upaya perlindungan TKI di Arab Saudi sudah dilakukan secara hukum. "Semua upaya sudah dilakukan, pihak kami akan upayakan semaksimal mungkin," beber Didi.
 
Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, juga berkata senada dengan Didi. "Pelaksanaan hukuman mati ini kita tidak pernah diinformasikan," katanya.
 
Sedangkan Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hassanudin, menilai pemerintah tak memperhatikan nasib TKI di luar negeri. Sepanjang 2011, tercatat sudah 27 orang telah dieksekusi pancung dengan sejumlah kasus. Saat ini pun masih ada TKI yang terancam hukuman mati di Arab Saudi.(ASW/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini