Sukses

Polri: Penembak Polisi Anggota JAT

Para pelaku penembakan anggota polisi di Palu, Sulawesi Tengah, adalah kelompok Jamaah Ansharut Tauhid (JAT). Para pelaku pernah melakukan perampokan.

Liputan6.com, Jakarta: Para pelaku penembakan anggota polisi di Palu, Sulawesi Tengah, adalah kelompok Jamaah Ansharut Tauhid (JAT). "Para pelaku adalah anggota JAT pimpinan Abu Tholut yang sempat dilatih Abu Tholut hampir setahun lalu di Aceh," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Ahad (5/6).

"Tersangka Fauzan dan Dayat tewas tertembak saat terjadi kontak senjata dengan tim dari Detasemen Khusus 88 Antiteror dan Polda Sulteng, Sabtu sekitar pukul 11.15 WITA di wilayah Poso," kata Boy. Sedangkan tiga pelaku lainnya yakni Ariyanto, Furqon dan Ahmad Ridwan sudah ditangkap saat polisi sedang melakukan razia dan pengembangan informasi.

Boy mengatakan, para pelaku sudah pernah melakukan perampokan di antaranya perampasan sepeda motor pada 10 Agustus 2010, Oktober 2010, Januari 2011 dan perampasan telepon seluler dengan membawa golok. "Motifnya pertama penyerangan dengan menggunakan senjata laras panjang, ingin melakukan upaya yang dikatakan jihad," ungkap Boy.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.