Sukses

Kemenkumham-Pansel KPK Rapat Perdana

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melaksanakan rapat perdana hari ini.

Liputan6.com, Jakarta: Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melaksanakan rapat perdana hari Jumat di Jakarta.

Informasi dari Kemenkumham rapat perdana yang dihadiri 12 anggota pansel tersebut akan dilakukan  pukul 14.00 WIB, di Kemenkumham, Jakarta, Jumat (27/5).
 
Sebelumnya Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar juga mengatakan bahwa pembukaan pendaftaran bagi calon pimpinan KPK juga akan dilaksanakan di hari yang sama setelah rapat dengan Pansel selesai.

Pemerintah melalui Keppres Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkan 12 anggota Pansel yang kembali diketuai langsung oleh Menkum HAM Patrialis Akbar.

Susunan Pansel calon pimpinan KPK tersebut yakni, Ketua Pansel Patrialis Akbar, Wakil Ketua Pansel, Irjen Pol (Purn) Ritonga Soeharto, dan Sekretaris yang merangkap sebagai anggota Pansel Ahmad Ubbe.

Sedang anggota Pansel antara lain Prof Rhenald Kasali, Ichlasul Amal, Tb Ronny R Nitibaskara, Saldi Isra, Erry Riyana Hardjapamekas, Akhiar Salmi, Amir Hasan Ketaren, Imam Prasodjo, dan Deliana Sajuti Ismudjoko.

Berbeda dengan Pansel KPK yang telah melaksanakan tugasnya satu tahun lalu, kali ini Pansel akan bertugas menseleksi untuk lima pimpinan lembaga antikorupsi yang akan menggantikan Busyro Muqqodas, Bibit Samad Rianto, M Jasin, Chandra M Hamzah, dan Haryono Umar yang segera habis masa kerjanya akhir tahun 2011.

Menurut anggota Pansel yang juga mantan pimpinan KPK, Erry Riyana Hardjapamekas, menseleksi untuk lima calon pimpinan KPK ini akan lebih sulit dibanding menseleksi untuk satu pimpinan KPK yang dilakukan satu tahun lalu.

"Pasti lebih sulit (memilih calon pimpinan KPK kali ini), 10 dibanding dua," ujar Erry yang mengatakan akan hadir dalam rapat perdana Pansel.(ANT/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini