Sukses

Al-Qaidah Mulai Balas Dendam

Ancaman Al-Qaidah membalas kematian Osama bin Laden tampaknya tidak main-main. Pengebom bunuh diri menjalankan aksinya di Pakistan, sehingga menewaskan 80 orang.

Liputan6.com, Islamabad: Ancaman jaringan teroris Al-Qaidah membalas kematian Usamah bin Ladin alias Osama bin Laden tampaknya tidak main-main. Dua pengebom bunuh diri menjalankan aksinya di pusat pelatihan paramiliter di Shabqadar, Pakistan, Jumat (13/5). Akibatnya, 80 orang dilaporkan tewas, serta 120 lainnya mengalami luka-luka.

Organisasi Taliban di Pakistan juga membenarkan pengeboman ini sebagai balasan atas penembakan Osama. "Kami melakukan ini untuk membalas insiden di Abbottabad," kata Ahsanullah Ahsan, juru bicara Taliban Pakistan.

Ia menambahkan, "Serangan itu ditujukan sebagai hukuman terhadap otoritas Pakistan karena gagal menghentikan serangan Amerika Serikat secara sepihak yang menewaskan Osama."

Kedua orang yang diduga suruhan Taliban itu meledakkan diri di gerbang utama fasilitas untuk pasukan garis depan, khususnya pertempuran dalam melawan Al-Qaidah dan Taliban. Taliban megincar tempat latihan pasukan keamanan Pakistan yang telah menerima dana dari AS.

Seluruh korban tewas adalah para calon pasukan keamanan Pakistan yang tengah berada di tempat itu untuk perekrutan. "Ledakan pertama terjadi di tengah jalan. Setelah itu ada ledakan besar yang lebih kuat dari yang pertama," kata Abdul Wahid, seorang tentara Pakistan yang kakinya terluka akibat ledakan itu.(ANS/JapanToday)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.