Sukses

Penyelundupan Manusia Digagalkan

Rencana penyelundupan 40 orang asal Gowa dan Bima ke Serawak, Malaysia, digagalkan Kepolisian Pelabuhan Parepare, Sulsel. Mereka terjaring razia polisi saat berada di atas sebuah kapal penumpang.

Liputan6.com, Parepare: Rencana penyelundupan 40 orang ke Serawak, Malaysia, digagalkan Kepolisian Pelabuhan Parepare, Sulawesi Selatan, Kamis (28/4). Mereka terdiri dari 16 warga Gowa, Sulawesi Selatan, dan 24 warga Bima, Nusa Tenggara Timur.

Terungkapnya perdagangan manusia ini berkat kesigapan polisi. Kapal Kateliya yang ditenggarai mengangkut ke 40 orang itu dicegat saat dalam perjalanan dari Parepare menuju Nunukan, Kalimantan Timur. Sebagian besar warga yang hendak diselundupkan ke Malaysia itu tidak bisa berbahasa Indonesia. Mereka juga tidak memiliki keterampilan apapun.

Selain menggagalkan rencana penyelundupan manusia, polisi juga menangkap dua cukong yang berdiri di balik rencana tersebut. Kini, keduanya masih menjalani pemeriksaan polisi. Sementara itu, usai didata, ke-40 korban penyelundupan manusian itu dibawa ke rumah permukiman TKI di Parepare.

Sekadar informasi, kasus perdagangan manusia melalui Parepare sudah sering terjadi. Pelabuhan Parepare bahkan telah dijadikan jalur utama penyelundupan manusia ke Malaysia.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.