Sukses

Ba'asyir: Ubaid dan Syarif Sudah Keluar

Terdakwa kasus dugaan perkara terorisme Ustadz Abu Bakar Baasyir mengaku mengeluarkan Dr Syarif Usman dari Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) karena perbedaan prinsip dalam i'dad (persiapan untuk jihad).

Liputan6.com, Jakarta: Terdakwa kasus dugaan perkara terorisme Ustadz Abu Bakar Ba'asyir mengaku mengeluarkan Dr Syarif Usman dari Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) karena perbedaan prinsip dalam i'dad (persiapan untuk jihad). Hal itu disampaikannya saat menjawab pertanyaan jaksa penuntut umum pada sidang yang beragendakan pemeriksaan terdakwa, Senin (25\4), di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sepengetahuan Basyir Dr. Syarif Usman dan Ubaid alias Lutfi Kaidaroh selaku pengurus pusat JAT mengusulkan pelatihan militer di Aceh. Namun, menurut Baasyir, usul Syarif dan Ubaid itu ditolaknya.  "Ketika bergabung ke Aceh, mereka (Syarif dan Ubaid) sudah keluar karena bertentangan dengan jemaah," katanya.

"Saya bilang kita sudah punya tentara tapi mereka (Syarif dan Ubaid) masih ngotot," kata Ba'asyir. Terdakwa tidak mengetahui peran mereka berdua dan mengaku mengetahui mereka setelah melihat gambar dari video yang sudah tersebar.

Sebelumnya, dalam sidang 14 Maret lalu, Ubaid mengaku diperintahkan Ba'asyir untuk membantu pelatihan militer di Jantho, Aceh Besar, akhir Januari sampai akhir Februari 2010.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini