Sukses

Air Mineral Merek Terkenal Dipalsukan

Modus yang dilakukan pelaku adalah mengisi ulang galon kosong dengan air yang diambil dari sumur tua. Air tersebut tidak melalui proses penyulingan dan sterilisasi layaknya air mineral.

Liputan6.com, Bantul: Ini peringatan buat Anda pengkonsumsi minuman mineral isi ulang. Di Desa Srihardono Pundong, Bantul, Yogyakarta, polisi menggerebek sebuah rumah yang memalsukan air mineral galon merek terkenal. Polisi juga menangkap dua orang yang diduga memalsukan kemasan air mineral tersebut.

Menurut Kanit Reserse Ekonomi Polres Bantul Iptu Budi Kustanto, dua orang yang ditangkap bernama Wawan dan Edi Setiawan. Selama ini mereka memanfaatkan rumah Sugito di Srihardono untuk menjual air mineral palsu.

Modus yang dilakukan pelaku, kata Budi Kustanto, adalah mengisi ulang galon kosong dengan air yang diambil dari sumur tua. Air tersebut tidak melalui proses penyulingan dan sterilisasi layaknya air mineral. Setelah itu diantar ke rumah warga maupun warung.

Budi Kustanto mengungkapkan, penggerebekan bermula dari laporan warga yang curiga dengan aktivitas kedua pelaku di rumah yang selalu tertutup. "Setiap kali mobil pick up datang dengan galon kosong, tak berapa lama langsung pergi dan galon sudah terisi," kata Budi.

Setelah diselidiki ternyata pelaku memang mengambil air dari sumur dan langsung mengisi ke galon. Dalam sehari, mereka bisa mengisi 250 galon air. Aktivitas tersebut sudah berlangsung selama 1,5 bulan. Dari tangan tersangka, polisi menyita galon, tutup galon, kompor pemanas label, dan pompa air.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini