Sukses

Pengamat: Pelaku Terinspirasi Perjuangan Al Qaeda

Aksi bom bunuh diri di masjid Mapolresta Cirebon, Jabar, diduga terinspirasi oleh perjuangan kelompok Al Qaeda pimpinan Osama Bin Laden. Diperkirakan polisi jadi target utama dari aksi bom tersebut.

Liputan6.com, Semarang: Aksi bom bunuh diri di Masjid Mapolresta Cirebon, Jawa Barat, diyakini dilakukan oleh seseorang atau pihak yang memiliki kesepahaman dengan kelompok teroris yang sudah ditangkap polisi. Selain memiliki kesepahaman, pelaku juga diduga terinspirasi oleh perjuangan kelompok Al Qaeda pimpinan Osama Bin Laden yang mengajarkan tentang bom bunuh diri untuk berjihad. Penilaian itu dikemukakan Nurhuda Ismail, aktivis Yayasan Prasasti Perdamaian yang juga penulis buku "Sahabatku Teroris?, Jumat (15/4).

Di Indonesia, mereka yang memiliki pola pikir seperti Al Qaeda dan gampang meniru aksi-aksi kelompok tersebut, biasanya berasal dari kalangan eks-kelompok Negara Islam Indonesia (NII) yang sejak dulu menginginkan Indonesia sebagai negara Islam.

Lebih lanjut alumni Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Solo, Jawa Tengah, itu menyatakan dugaan kuat polisi sebagai target utama aksi bom tersebut. Tak bisa dipungkiri lagi dendam lama masih dirasakan kelompok teroris atas tindakan Polri yang dianggap membinasakan perjuangan mereka dalam membela kelompoknya [baca: Polisi Jadi Target Serangan Teroris].(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.