Sukses

Tiga Ekor Anak Komodo Diduga Dicuri

Ketua tim pengelola sementara Kebun Binatang Surabaya Tony Sumampau mencurigai tiga anak komodo yang hilang dicuri dengan melibatkan orang dalam.

Liputan6.com, Surabaya: Ketua tim pengelola sementara Kebun Binatang Surabaya Tony Sumampau mencurigai tiga anak komodo yang hilang dicuri dengan melibatkan orang dalam. "Kami kaget juga bahwa belakangan ini kok ada niat tangan-tangan usil yang mau juga mengambil, tapi mungkin ada yang pesan atau apa," kata Tony sebagaimana dikutip BBC Indonesia, belum lama ini.

Tony menepis kemungkinan pernyataan para perawat komodo bahwa ketiga ekor anak komodo yang berusia setahun dan memiliki panjang satu meter ini, memanjat kandang atau dimangsa predator. Dua anak komodo ini hilang dalam dua peristiwa pada akhir Februari dan awal Maret ini. Hilangnya tiga ekor komodo ini semakin mengurangi koleksi KBS.

Antara 2008-2010, ada 42 ekor komodo koleksi KBS mati yang menurut Tony disebabkan oleh perawatan yang tidak baik. Sejak tahun lalu pengelolaan KBS diambil alih oleh pemerintah karena selama 15 tahun sebelumnya terjadi sengketa antarpengurus KBS.

Kebun Binatang Surabaya didirikan 31 Agustus 1916 oleh Perkumpulan Satwa dan Flora Surabaya di atas lahan seluas 14 hektare dan memiliki koleksi 4.000 ekor hewan dari 250 spesies dan 200 jenis tumbuhan.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini