Sukses

Kapolda Banten Diserahterimakan

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Timur Pradopo menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam Serah Terima Jabatan Kapolda Banten yang lama, Brigjen Pol Agus Kusnadi kepada Brigjen Pol Putut Eko Bayus Seno, Senin (14/2).

Liputan6.com, Jakarta: Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Timur Pradopo menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam Serah Terima Jabatan Kapolda Banten yang lama, Brigjen Pol Agus Kusnadi kepada Brigjen Pol Putut Eko Bayus Seno, Senin (14/2).

Menurut Kapolri, sertijab yang dilangsungkan di gedung utama Markas Besar Polri ini, merupakan proses penyegaran dalam rangka dinamika operasional pasca-insiden Cikeusik, Pandeglang, Banten antara Jamaah Ahmadiyah dan warga Cikeusik. "Sertijab ini adalah juga merupakan langkah startegis setelah berbagai
pertimbangan khususnya mencermati perkara atau situasi yang terjadi di lapangan," kata Timur dalam sambutannya.

Timur juga mengatakan, meski tim Internal Mabes Polri masih melakukan investigasi secara koonperhensif, dirinya tetap akan mengganti Kapolda karena dalam rangka mendukung masalah profesi."Maka kebijakan untuk melaksanakan mutasi bagi pejabat yang bersangkutan meski dilakukan," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Markas Besar Polri, Irjen Pol Anton Bachrul Alam mengadakan jumpa pers dengan wartawan terkait pergantian Kepala Kepolisian Daerah Banten dari Brigjen Pol Agus Kusnadi kepada Brigjen Pol Putut Bayu Senon yang menjabat sebagai Wakil Kepala Polda Metro Jaya.

Kebijakan ini diambil Mabes Polri karena, dalam kerusuhan Cikeusik,ada beberapa prosedur yang tidak berjalan. Selain itu, menurut mantan Kapolda Jawa Timur ini juga mengatakan, pergantian itu terkait dengan hasil laporan tim internal Mabes Polri yang dipimpin oleh Inspektur Pengawasan Umum Polri, Komjen Pol Nanan Sukarna. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.