Sukses

Pemilik Sawah Crop Circle Diperiksa

Sebanyak tujuh dari delapan pemilik sawah yang ditemukan adanya "crop circle" di Dusun Rejosari, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, diperiksa Unit Reserse Krimnal Polsek Berbah.

Liputan6.com, Sleman: Sebanyak tujuh dari delapan pemilik sawah yang ditemukan adanya "crop circle" di Dusun Rejosari, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, diperiksa Unit Reserse Krimnal Polsek Berbah.

Pemilik sawah yang datang dan diperiksa petugas Polsek Berbah tersebut adalah Sugiran, Jumadi, Daldiri, Heri Supriyanto (anak Mustari), Jumilan, Jumiran, dan Ngadiran. Sedangkan satu pemilik lagi yaitu Joyo Sumarto belum datang karena masih mencari rumput.

"Pemeriksaan sesuai perintah Kapolres setelah ada temuan bahwa lingkaran itu merupakan buatan manusia," kata Pelaksana Tugas Kanit Reskrim Polsek Berbah Aiptu Sihono, Rabu (26/1).

Menurut dia pemeriksaan meliputi pemilikan lahan, kegiatan sebelum ditemukan "crop circle' dan pemeriksaan kelengkapan administrasi.

Salah satu pemilik sawah Jumadi mengatakan dirinya berada di sawahnya pada Sabtu (22/1) sampai magrib dan tidak terjadi sesuatu yang aneh, kondisi sawah masih utuh. "Sampai saya pulang tidak ada orang yang datang, atau orang yang mengatakan akan membuat pola lingkaran. Kalau ada yang mau membuat lingkaran seperti itu juga tidak boleh, karena sebentar lagi panen," katanya.

Ia mengatakan, pada Sabtu (22/1) malam dirinya juga tidak melihat cahaya yang mencurigakan. "Kalau orang lewat memang ada, tetapi tidak ada sesuatu yang mencurigakan baik itu suara-suara atau semacam cahaya apapun," katanya.

Sedangjkan Heri mengatakan dirinya juga tidak melihat tanda-tanda sebelum terbentuknya jejak yang diduga jejak UFO itu. "Setahu saya tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan, dan pola lingkaran itu baru diketahui pada Minggu (23/1) pagi," katanya.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini