Sukses

Terkait Paspor Gayus, Polri Buru WN Amerika

Mabes Polri kini tengah memburu seorang warga negara Amerika bernama Jhon Jerome Grice (39), yang diduga terlibat pembuatan paspor asli tapi palsu Gayus Tambunan.

Liputan6.com, Jakarta: Mabes Polri kini tengah memburu seorang warga negara Amerika bernama Jhon Jerome Grice (39), yang diduga terlibat pembuatan paspor asli tapi palsu Gayus Tambunan.

"Polri saat ini menyiapkan Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap saudara Jhon Jerome yang diduga terlibat pembuatan paspor Gayus," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Senin (17/1).

Saat ini Polri melakukan kerjasama internasional untuk John yang diperkirakan berada di salah satu negara asia.

Menurut Boy, Jhon adalah orang yang menerima uang pembayaran dari Gayus sebesar 100 ribu dolar AS untuk pembuatan paspor. Jhon menerima uang dari Gayus di salah satu hotel di wilayah Jakarta Utara, dan pada Juli 2010 Jhon meninggalkan Indonesia.

Jhon berada di Indonesia sejak 2007, dan menurut keterangan para tersangka dan saksi yang diperiksa, Jhon beraktifitas sebagai konsultan bisnis.

Polri juga masih mendalami pembicaraan elektronik antara John dengan orang lain, yang ada kaitannya dengan kasus Gayus. "Kita masih mendalami percakapan Jhon dengan beberapa orang'" ujar Boy.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gayus Tambunan telah membuat paspor atas nama Sony Laksono untuk bepergian ke luar negeri ketika statusnya masih menjadi tahanan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat. Dengan paspor asli tapi palsu itu, Gayus tak hanya pergi ke Bali, tapi juga ke Makau, Kuala Lumpur, Singapura dan Guangzhou.

Polisi menyebutkan, Gayus membuat paspor itu di kawasan Kramat, Jakarta Pusat dengan biaya ratusan ribu dolar AS. Sejumlah orang yang diduga terlibat pembuatan paspor itu telah ditangkap. (MLA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.