Sukses

Polri Didesak Benahi Diri di 2011

Polri diharapkan pada 2011 dapat membenahi dirinya dalam segala bidang. Hal ini diperlukan agar permusuhan antara rakyat dan polisi dapat dihentikan.

Liputan6.com, Jakarta: Polri diharapkan pada 2011 dapat membenahi dirinya dalam segala bidang. Hal ini diperlukan agar permusuhan antara rakyat dan polisi dapat dihentikan.

"Indonesian Police Watch berharap, tahun 2011 Kapolri (Jenderal Pol Timur pradopo) membenahi sikap, perilaku dan kinerja jajaran bawah Polri dengan signifkan agar permusuhan rakyat dengan polisi bisa dihentikan," ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane melalui siaran pers yang diterima tim Liputan6.com di Jakarta, Ahad (2/1).

Menurut Neta, hal ini didasari data IPW yang mencatat bahwa pada 2010 puluhan kantor polisi rusak karena amukan massa. "Permusuhan rakyat dengan polisi bisa dihentikan sebab di 2010 ada sekitar 20 kantor polisi dirusak massa," tuturnya.

IPW khawatir, jika tidak dibenahi dari sekarang akan terjadi konflik yang meluas. "Jika tidak segera dilakukan pembenahan, IPW kuatir konflik rakyat-polisi kian meluas, mengingat tekanan hidup di 2011 kian kompleks," imbuhnya.

Selain itu, IPW berharap di tahun 2011 Kapolri bisa mengedepankan keadilan kepada seluruh anggota Kepolisian. "IPW juga berharap eliet-elit polri berlaku adil. Pada 2010, hanya polisi kelas bawah yang ditindak dan dipecat. Polisi kelas atas seperti perwira menengah dan perwira tinggi tak tersentuh. Apakah hanya polisi kelas bawah yang bermasalah?," tutupnya.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.