Sukses

Abu Tholut Dikenal Sangat Berbahaya

Abu Tholut selama ini dikenal sebagai tokoh yang berbahaya karena memiliki keterampilan militer dan kemampuan melatih kemiliteran. Dia lebih berbahaya dibanding Dul Matin dan Noordin M Top.

Liputan6.com, Jakarta: Tim Densus 88 Anti Teror berhasil membekuk tersangka terorisme Abu Tholut. dari informasi yang dikumpulkan Liputan6.com, Abu Tholut selama ini dikenal sebagai tokoh yang berbahaya karena memiliki keterampilan militer dan kemampuan melatih kemiliteran.

Abu Tholut bahkan dinilai lebih berbahaya daripada Dulmatin ataupun Noordin M Top. Dia adalah mujahidin senior dan pernah ikut gerakan jihad di Afghanistan, Mindanao dan Poso. Dia juga berpengalaman sebagai instruktur bahan peledak di Afghanistan. Di Indonesia, Abu Tholut pernah membangun laboratorium bom di Semarang, dan memiliki sejumlah senjata laras pendek dan laras panjang seperti M-16.

Abu Tholut adalah Ketua Mantiqi III Jamaah Islamiyah di Poso (2000-2002). Namanya juga disebut-sebut juga terkait dengan aksi perampokan Bank CIMB Niaga Medan pada 18 Agustus lalu.  (MLA)





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.