Sukses

Khawatir Bentrok Susulan, Ribuan Warga Mengungsi

Ribuan warga meninggalkan kampung mereka untuk menyelamatkan diri pascabentrok antar dua kelompok yang terjadi di Mesuji Lampung. Mereka takut akan adanya bentrok susulan.

Liputan6.com, Mesuji: Usai penyerangan di Kampung Wirabangun, Lampung sebagian warga Wirabangun meninggalkan kampung mereka, Jumat (26/11). Mereka memilih mengungsi ke daerah lain demi keamanan keluarga. Sebab muncul kabar akan ada bentrok susulan.

Hingga siang tadi, penyebab bentrokan yang menewaskan empat orang dan melukai lima orang ini belum diketahui. Dugaan sementara bentrokan terjadi akibat salah paham soal kasus pencurian sepeda motor. 
 
Seperti yang diberitakan sebelumnya, bentrokan dua kelompok yakni warga Kampung Wirabangun dan Kampung Rejobinangun terjadi Kamis sore kemarin (baca: Bentrokan di Mesuji, Empat Orang Tewas). Akibatnya, empat orang tewas terkena sabetan senjata tajam dan tombak. Selain itu, tiga rumah di Kampung Wirabangun juga hangus dibakar massa. 
 
Menurut sosiolog Imam Prasodjo, pertikaian warga atau kelompok ini merupakan peringatan awal bahwa struktur masyarakat semakin rentan dan kompetitif, terutama yang terkait masalah ekonomi. "Saya menduga adanya segregasi dalam hal perekonomian warga," jelas Imam. "Tidak adanya kerja yang bersifat cross cutting atau lintas kampung bisa juga menjadi penyebab bentrok ini." 
 
Polisi dan TNI telah diterjunkan ke lokasi bentrokan yang masih mencekam. Pemerintah diharapkan mampu menelusuri akar permasalahan dan bukan hanya penyelesaian semu yang tak menyentuh permasalahan sebenarnya. Dikhawatirkan, konflik seperti ini akan membesar jika tidak segera ditangani.(CHR/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini