Sukses

Foto Gayus Jadi Guyonan di Dunia Maya

Beredarnya secara luas foto terdakwa kasus mafia pajak Gayus Tambunan pada pertandingan tenis di Bali, menimbulkan keisengan bagi para pengguna dunia maya. Dengan bantuan olah digital, foto mirip Gayus diubah atau disandingkan untuk memancing tawa.

Liputan6.com, Jakarta: Fenomena terungkapnya foto terdakwa kasus mafia pajak Gayus Halomoan P. Tambunan yang menonton turnamen tenis di Nusa Dua, Bali, oleh media telah menggemparkan khalayak ramai. Ahli telematika pun turut menganalisa foto pria tersebut dengan foto asli milik Gayus.

Namun keisengan komunitas jejaring sosial membuat foto tersebut menjadi lelucon. Melalui Facebook dan situs lain di dunia maya, beredarlah foto Gayus yang dimodifikasi secara digital. Ada yang disandingkan dengan penyanyi terkenal atau diubah wajahnya menjadi salah seorang komedian televisi.

Bahkan, ada juga yang membuat foto Gayus memakai berbagai jenis rambut palsu. Mungkin ini cermin kekesalan atau ketidakpercayaan atas apa yang terjadi pada penegakan hukum di negeri ini, maka dituangkan melalui dunia maya.

Sementara itu, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pengunjung sidang juga mengenakan topeng dan baju batik mirip Gayus. Namun, kehadiran mereka diusir hakim yang memimpin sidang. Topeng Gayus merupakan bentuk kekesalan sebagian masyarakat melihat mantan pegawai Ditjen Pajak itu bisa leluasa keluar masuk tahanan.(IDS/ANS/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini