Sukses

Polri Akan Kerja Sama dengan Ahli Foto

Terkait munculnya sejumlah foto yang diduga mirip terdakwa kasus mafia pajak Gayus Tambunan, Mabes Polri mengatakan akan bekerja sama dengan ahli foto. Jika sudah diketahui hasilnya, maka Polri akan memberitahukan ke publik.

Liputan6.com, Jakarta: Terkait munculnya sejumlah foto yang diduga mirip terdakwa kasus mafia pajak Gayus H.P. Tambunan, Markas Besar Polri akan bekerja sama dengan ahli foto. Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Brigadir Jenderal Pol. Ketut Untung Yoga Ana.

"Kalau untuk foto, polisi perlu bekerja dengan menanya ahli. Kalau sudah ada hasilnya, jelas akan kita sampaikan ke publik," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (12/11).

Hal tersebut dilakukan untuk membuktikan, foto yang muncul tersebut benar foto terdakwa Gayus atau sekadar mirip. Sampai kini, lanjutnya, Polri sudah ke Bali untuk menelusuri lokasi kejadian saat orang yang diduga mirip Gayus menonton pertandingan tenis internasional, namun belum membuahkan hasil.

Jenderal bintang satu ini akan memberikan keterangan jika sudah ada hasilnya. "Nanti pada waktunya akan kita sampaikan. Mereka (penyidik) masih bekerja," katanya.

Terkait sejumlah foto hasil bidikan fotografer media online Kompas.com Agus Susanto, pakar telematika dari Universitas Islam Negeri Jakarta Syarif Hidayatullah Abimanyu Wachjoewidajat menyimpulkan 99,9 persen foto tersebut adalah Gayus. Ini setelah dia melakukan analisis dan metamorfosis foto [baca: Pakar Telematika: 99,9 Persen itu Foto Gayus].(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini