Sukses

Satgas Mafia Akan Periksa Gayus dan Susno

Satuan Tugas (Satgas) Mafia Hukum membentuk tim untuk menginvestigasi kaburnya Gayus Tambunan dari Rutan Mako Brimob. Sejumlah pihak pun akan diperiksa termasuk Gayus.

Liputan6.com, Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Mafia Hukum membentuk tim untuk menginvestigasi kaburnya Gayus Tambunan dari Rutan Mako Brimob. Sejumlah pihak pun akan diperiksa termasuk Gayus.

"Semua hal yang kami anggap bisa memberikan informasi itu akan kita minta," kata anggota Satgas Mafia Hukum Mas Achmad Santosa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (12/11).

Apakah juga Komjen Susno dan Kombes Williardi? "Semua pihak," jawabnya dengan terburu-buru.

Menurut Otta, Rutan Mako Brimob itu adalah cabang rutan yang induknya adalah di Rutan Salemba. "Menurut PP No 58 tahun 1999 mengatur tentang perawatan tahanan merupakan pertanggung jawaban menteri dan kalau pertanggungjawabanya itu menjadi tanggung jawab kepala rutan kita akan melihat sistemnya, itu akan bekerja atau tidak karena bagaimanapun sistem permasyarakatan diatur oleh Menteri Hukum dan HAM," jelas dia.

Otta mengatakan,  pemeriksaan tak terbatas pada anggota polri saja. Pihak rutan pun akan diperiksa. Tapi kita juga harus lihat kepala rutannya itu melakukan apa (Kepala Rutan Salemba), lalu Kepala Divisi Permasyarakatan Wilayah DKI ini apa, lalu kanwilnya gimana. Ini kan peristiwa yang terus berlangsung tak hanya kemarin," ujar dia..

Kasus pelesiran Gayus terkuak seiring munculnya foto pria mirip Gayus dan mirip istrinya beredar di media massa. Mereka terlihat sedang menonton tenis di Nusa Dua Bali pada 5 November pukul 21.00 WIB. Sejumlah pihak juga telah diperiksa Mabes Polri. Bahkan mantan Kepala Rutan Mako Brimob Kompol Iwan Siswanto dan delapan anggotanya telah ditetapkan sebagai tersangka. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini