Sukses

Perlu Dibentuk Tim Penyidik Independen Sisminbakum

Mantan jubir Gus Dur, Adhie Massardi menyatakan bahwa kasus Sisminbakum merupakan kasus politik sehingga perlu dibentuk tim penyidik independen.

Liputan6.com, Jakarta: Mantan Juru Bicara Gus Dur, Adhie Massardi menyatakan bahwa kasus Sisminbakum merupakan kasus politik. Oleh karenanya, sebaiknya dibentuk tim penyidik independen. Ia pun mengatakan bahwa sebaiknya tim Kejaksaan Agung yang melakukan penyidikan sisminbakum tidak dilibatkan karena kemungkinan akan bisa kembali merekayasa dan tidak objektif.

Jadi bila kasus ini ingin diteruskan, harus melibatkan ahli-ahli dari luar (Kejaksaan) yang bisa dipercaya, yakni ahli hukum pidana, ahli hukum tata negara, ahli hukum administrasi negara, dan ahli keuangan. Menurutnya, perlu dilakukan penyidikan dengan melibatkan tokoh-tokoh publik yang bisa dipercaya serta masyarakat juga dapat mengakses langsung prosesnya.

"Kita sudah bisa membuktikannya dari kasus kriminalisasi KPK, ketika diteruskan oleh penyidik yang sama, hasilnya sama saja. Tapi pembuktiannya jadi muter-nuter dan menambah ketidakpastian hukum di republik ini," tegas Massardi saat ditemui usai memberikan surat kepada pelaksana tugas Jaksa Agung Darmono di Kompleks Kejaksaan Agung, Jumat (1/10).

Ketua Gerakan Indonesia Bersih itu melihat bahwa selama ini kasus sisminbakum telah dijadikan pertarungan personal. Untuk itu, ia mengingatkan agar urusan personal Kejaksaan jangan dijadikan urusan institusi.(MRQ/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.