Sukses

Nasir Abas: Pelaku Bom Sudah Berpengalaman

Mantan Ketua Mantiqi III Jemaah Islamiyah Nasir Abas menyatakan, pelaku bom bunuh diri yang menggunakan sepeda onthel sudah berpengalaman.

Liputan6.com, Jakarta: Mantan Ketua Mantiqi III Jemaah Islamiyah Nasir Abas menilai, pelaku peledakan bom bunuh diri di Kalimalang, Bekasi, Kamis (30/9) diduga kuat sudah berpengalaman, sehingga pelaku menggunakan bahan peledak yang tergolong cukup simpel.

"Pengalaman bom kecil sudah terjadi di Ambon, Poso. Bisa saja mereka sudah berpengalaman di Ambon dan Poso, jadi membuat yang simpel dan mudah," ungkap Nasir. Menurut Nasir, kasus peledakan bom itu tergolong modus lama. "Sebenarnya itu modus lama, hanya saja mengunakan sepeda. Sebelumnya modus bom tas sudah terjadi beberapa kali," jelasnya saat dihubungi melalui telepon.

Terkiat dengan asal jaringan pelaku peledakan tersebut, Nasir belum dapat memastikan. "Dari kelompok mana saya tidak mengerti, biar polisi yang menangkap," ungkapnya. Namun, lanjut Nasir, siapapun dapat melakukan tindakan tersebut tanpa adanya komando dari pihak lain.

Nasir menyimpulkan pelaku peledakan bom di Bekasi itu tidak hanya satu orang. "Kalau individu sangat kecil kemungkinan, soalnya ada pihak yang menjadi perakit bomnya," tutur Nasir.(IDS/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini