Sukses

Ribuan Pretima Curian Disita

Polres Badung menyita ribuan pretima hasil curian. Barang bukti ditemukan di sebuah vila milik Roberto Gamba, warga Italia di Krobokan, Bali.

Liputan6.com, Badung: Pencurian pretima (benda sakral di pura) di Badung, Bali, terungkap. Jajaran Reserse Kriminal Kepolisian Resor Badung menyita ribuan pretima dari sebuah vila yang ditempati Roberto Gamba, warga Italia di wilayah Krobokan, Bali. Barang bukti senilai miliaran rupiah itu merupakan hasil curian dari beberapa pura di seluruh Pulau Dewata.

Usai penyitaan, warga dari berbagai wilayah di Bali mendatangi Markas Polres Badung, Sabtu (4/9). Beberapa di antaranya memeriksa pretima sitaan untuk memastikan milik mereka yang hilang atau tidak.

Pretima yang disita terdiri dari 123 patung berumur puluhan hingga ratusan tahun, 40 ribu lebih uang kepeng, puluhan ikat lontar kuno, dan berbagai jenis benda sakral pura lain.

Kepala Polres Badung Ajun Komisaris Besar Polisi Dwi Suseno mengatakan, penemuan ribuan pretima hasil curian berawal dari laporan warga. Sejumlah warga asing juga sempat melaporkan adanya sejumlah pretima mencurigakan di kediaman Gamba.

Polisi menduga Gamba sudah banyak mengirim pretima ke luar negeri. Dugaan muncul setelah ditemukannya sejumlah alat untuk membungkus barang sebelum dikirim lewat kargo.

Terkait kasus ini polisi menahan Gamba dengan tuduhan sebagai penadah barang curian dan sejumlah orang yang diduga sebagai pencuri pretima. Namun semuanya kini masih berstatus wajib lapor sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini