Sukses

Museum Sonobudoyo Kecurian

Pencurian terjadi di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Sejumlah koleksi perhiasan emas raib digondol pelaku.

Liputan6.com, Yogyakarta: Sejumlah koleksi perhiasan emas Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Jalan Trikora, Gondomanan, Yogyakarta, raib dicuri, Rabu (11/8). Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Kota Besar Gondomanan Ipda Polisi Wahyu mengatakan, benda koleksi yang hilang tersimpan dalam tiga lemari kaca di ruangan koleksi emas.

Menurut Wahyu, berdasarkan laporan pengelola museum, koleksi perhiasan yang hilang adalah satu buah perhiasan emas bentuk bulan sabit, empat buah lempengan "silhuette", satu topeng emas, satu lempeng emas, dua lempengan perak, 19 fragmen perhiasan, perhiasan berbentuk ular, Patung Dewi Tara, dan Patung Awalokitesworo.

"Kemudian 12 buah fragmen berlapis emas, 12 buah viltrim, enam buah kalung bandul motif binatang, lima buah kalung bandul motif buah, dua buah kalung untir, tiga buah kalung manik-manik dan empat buah kalung bandul serta tiga bandul motif bulan sabit," jelas Wahyu.

Wahyu mengatakan, diduga pelaku pencurian adalah orang yang sebelumnya sudah mempelajari dan memahami peta peletakan barang koleksi museum. Kejadian itu terungkap,katanya, ketika karyawan museum, Bambang Suprayogi, merasa curiga karena melihat ada pecahan kaca di ruang kerjanya yang berdekatan dengan lokasi penyimpanan koleksi.

"Dan ketika dilihat ternyata benda-benda koleksi bersejarah itu sudah raib dari tempatnya," tambah Wahyu.

Kepala Museum Sonobudoyo Martono tidak bersedia berkomentar dan hanya mengatakan, saat ini penjaga museum sangat terbatas. "Museum ini hanya dijaga oleh tiga orang pegawai, dua pegawai untuk siang hari dan satu orang pegawai berjaga untuk hari," katanya.(Ant/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini