Sukses

Pengacara Anggodo 'Walk Out'

Terdakwa kasus suap Anggodo Widjojo harus menjalani sidang tanpa didampingi tim penasihat hukum yang dikoordinir OC Kaligis. Pasalnya, OC Kaligis Cs walk out dari persidangan.

Liputan6.com, Jakarta: Terdakwa kasus suap Anggodo Widjojo harus menjalani sidang tanpa didampingi tim penasihat hukum yang dikoordinir OC Kaligis. Pasalnya, OC Kaligis Cs walk out dari persidangan.

"Majelis hakim memutuskan rekaman tidak ada dan saksi meringankan juga tidak ada karena sakit," kata Ketua Majelis Hakim Tjokorda Rai Suamba dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa (10/9).

Mendengar keputusan hakim, Kaligis tidak menerimanya. "Karena merasa rekaman yang diputar tidak ada, apa gunanya dilangsungkan sidang ini. Dan tidak ada kesungguhan eksekutor untuk menghadirkan rekaman itu," ketus Kaligis.

Hakim pun tak menghalangi niat OC Kaligis Cs. "Majelis menghormati, silakan. Dan hadir kembali saat membacakan tuntutan," kata hakim Tjokorda.

Anggodo tak tinggal diam. Melihat pengacaranya walk out, Anggodo meminta agar pengacara mendampinginya. "Saya ini korban pemerasan Pak. Saya minta didampingi pengacara," imbuh Anggodo.

Kaligis bersama rekan seprofesinya langsung melepaskan toga dan meninggalkan kursinya. Namun tim pengacara tetap berada di dalam ruang sidang, mereka duduk di kursi pengunjung.

Hingga kini sidang masih berlangsung dengan agenda pemeriksaan terdakwa. Jaksa Penuntut Umum (JPU) hanya membacakan berita acara pemeriksaan terdakwa.

Pada persidangan seminggu sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Khusus Tipikor kembali menunda sidang dengan terdakwa Anggodo karena saksi Antasari Azhar dan bukti rekaman antara Deputi Penindakan KPK Ade Rahardja dan tersangka kasus suap Ari Muladi tidak dapat dihadirkan.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.