Sukses

Presiden SBY Buka Konferensi Hakim Konstitusi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka Konferensi ke VII Hakim Konstitusi Asia di Istana Negara, Jakpus. Konferensi khusus membahas perkembangan hukum Pemilihan Umum.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka Konferensi ke VII Hakim Konstitusi Asia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (13/7) pukul 10.00 WIB. Konferensi yang berlangsung dua hari ini dihadiri perwakilan dari 26 negara.

Konferensi kali ini khusus membahas perkembangan hukum Pemilihan Umum (Pemilu). Indonesia terpilih sebagai penyelenggaraan konferensi karena dinilai berhasil dalam menangani masalah pemilu. Selain itu, juga menjadi contoh dalam penanganan perkara Pemilu karena Mahkamah Konstitusi di negara lain belum ada yang menangani persoalan tersebut.

Dalam rangkaian konferensi, pimpinan Mahkamah Konstitusi dari tujuh negara di Asia membentuk Asosiasi Mahkamah Konstitusi Asia. Asosiasi ini diharapkan bisa mempromosikan perlindungan hak azasi manusia, jaminan terhadap demokrasi, implementasi penerapan hukum, indepedensi Mahkamah Konstitusi dan lembaga sejenis, kerja sama, pertukaran pengalaman, serta informasi.

Deklarasi Jakarta ditandatangani tujuh Ketua Mahkamah Konstitusi Asia, yaitu Mahfud MD (Indonesia), Dong Heub-Lee (Korea Selatan, Tun Zaki Tun Azmi (Malaysia), Jamran Byambador (Mongolia), Mariano C Del Castillo (Filipina), Cut Chonlavorn (Thailand), dan Bakhtiyar Mirbabaev (Uzbekistan).

Pembukaan Konferensi ke VII Hakim Konstitusi Asia ihadiri beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta ketua lembaga negara, seperti Ketua DPR Marzuki Alie dan Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa.(BOG/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini