Sukses

Calon Anggota KY Sudah 14 Orang

Sampai hari ini panitia seleksi calon anggota Komisi Yudisial mencatat sebanyak 14 orang telah mendaftarakan diri. Mereka antara lain advokat, dosen, dan hakim.

Liputan6.com, Jakarta: Panitia seleksi calon anggota Komisi Yudisial (KY) mencatat sebanyak 14 orang telah mendaftarakan diri menjadi calon anggota KY. "Sampai dengan hari ini ada 14 orang yang mendaftar," kata Sekretaris Panitia Seleksi, Tadjum di Jakarta, Rabu (2/6).

Tadjum menjelaskan, sebagian besar pendaftar itu adalah advokat, sedangkan yang lain berasal dari kalangan akademisi dan hakim. Mereka adalah Hadi Sutjipto, Sutan Badri, Faisal Putra, Abdul Ficar Hadjar, Akhmad Faisal, Mudarwan Yusuf, Mohammad Taufiq, dan Pangihutan Nasution. Mereka adalah advokat.

Kemudian dosen IAIN Syech Nurjati Cirebon, Sugianto, mantan Sekjen Kementerian Hukum dan HAM, Hassanuddin, akademisi Made Dharma Weda, dosen Fakultas Hukum Universitas Tadulako Palu, Abdul Rasyid Thalib, dosen Fakultas Hukum Universitas Jambi, Badher Johan Nasution, dan hakim militer utama Agus Dwiyono.

Tadjum mengatakan, jumlah pendaftar calon anggota KY memang belum banyak. Menurut dia, hal itu disebabkan sosialisasi yang belum maksimal akibat keterbatasan anggaran. Panitia seleksi calon anggota KY membuka pendaftaran sejak 17 Mei 2010 hingga 18 Juni 2010.

Rencananya panitia akan mencari 14 orang calon anggota KY yang akan dilaporkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan kemudian diteruskan ke DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan. DPR kemudian akan memilih tujuh anggota KY periode 2010-2015.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini