Sukses

Sudah 14 Berkas Calon yang Dinyatakan Lengkap

Hingga Rabu (2/6) pagi, berkas calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang dinyatakan lengkap sudah mencapai 14 orang, termasuk milik pengacara OC Kaligis.

Liputan6.com, Jakarta: Hingga Rabu (2/6) pagi, berkas calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang dinyatakan lengkap sudah mencapai 14 orang. Berkas
terakhir yang diverifikasi adalah milik pengacara OC Kaligis.

Hingga hari ketujuh ini, tercatat 166 orang yang mendaftar sebagai pimpinan KPK. Mulai dari kalangan hakim, kepolisian, hingga akademisi. Tak hanya OC Kaligis, pengacara Farhat Abbas juga tercatat dalam berkas yang dinyatakan sudah lengkap. Namun kedua pengacara tersebut diperkiarakan terbentur masalah umur.

Pasal 29 ayat 5 Undang-undang No 30 tahun 2002 tentang KPK menyebutkan, batasan minimal usia 40 tahun dan maksimal 65 tahun. Sementara usia OC Kaligis saat ini 68 tahun dan Farhat Abbas baru 34 tahun.

Namun dari keterangan panitia seleksi yang diterima SCTV, saat ini hanya berkas-berkas yang diverifikasi. Mengenai batas umur akan masuk tercakup dalam tahap seleksi selanjutnya, yakni setelah batas akhir pendaftaran 14 Juni mendatang.(TES/YUS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.