Sukses

Bocah Transplantasi Hati Makin Membaik

Kondisi Ramdan Aldil Saputra, bocah yang menjalani transplantasi hati di rumah sakit Dokter Sutomo, Surabaya, terus membaik. Bahkan, kini Ramdan sudah bisa minum melalui mulutnya.

Liputan6.com, Surabaya: Saat ini, Ramdan Aldil Saputra bocah tiga setengah tahun yang menjalani transplantasi atau cangkok hati masih berada di ruang ICU Gedung Pusat Bedah Terpadu, Rumah Sakit Dokter Sutomo, Surabaya, Senin (26/4).

Keluarga pasien hanya dapat melihat dari layar monitor, perkembangan Ramdan. Dua hari pasca operasi transplantasi hati, kesehatan Ramdan maju pesat, bocah ini sudah bisa minum melalui mulutnya. Hasil tes laboratorium, fungsi hati yang dicangkok dari donor ibunya, sudah berfungsi normal.

Tidak jauh berbeda dengan anaknya, ibu kandung Ramdan, Nyonya Sulistyowati, yang menjadi donor dalam transplantasi hati ini, juga sudah berangsur-angsur membaik, walaupun saat ini juga masih dirawat di ruang ICU. Sebelumnya, Sang bunda harus memberikan hatinya untuk Ramdan Aldil Saputra. Hati sebenarnya yang harus dikeluarkan dari tubuh ibunya dan dipasang ke tubuh Ramdan.[baca:Demi Anak, Ibu Cangkokkan Hatinya].(IDS/AYB)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini