Sukses

ICW: Sanksi Pencopotan merupakan Kebohongan Publik

ICW menilai pencopotan jaksa terkait kasus pajak Gayus Tambunan merupakan kebohongan publik. Sebab, para jaksa bermasalah tersebut masih tetap bisa menangani kasus karena yang dicopot hanya jabatan struktural.

Liputan6.com, Jakarta: Indonesian Corruption Watch (ICW) menilai pencopotan jaksa terkait kasus pajak Gayus Tambunan merupakan kebohongan publik. Menurut ICW, para jaksa bermasalah tersebut masih tetap bisa menangani kasus karena yang dicopot hanya jabatan struktural.

Sebelumnya, kata ICW, Jaksa Agung Hendarman Supanji mengancam akan memecat para jaksa yang terlibat perkara Gayus. "Jaksa Cirus Sinaga, misalnya. Meski sudah dicopot, ia masih bisa bekerja menangani kasus Antasari Azhar. Padahal, Cirus dianggap jaksa yang paling bertanggung jawab dalam kasus Gayus ," kata mereka.

Selain Cirus, Kejaksaan Agung juga hanya mencopot dan memutasi Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang, Banten, Suyono, yang juga terjerat kasus Gayus. Ia dimutasi untuk menduduki jabatan Kepala Seksi Intel Kejati Sulawesi Selatan. Sementara Kepala Kejati Maluku Poltak Manulang juga hanya dicopot dari jabatannya. Bahkan serah terima jabatan juga belum dilakukan [baca: Kajari Tangerang Dicopot Diduga karena Gayus].(YNI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.