Sukses

Sjahril Disebut Punya Hubungan dengan Makbul

Sjahril Djohan, yang disebut mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duaji sebagai makelar kasus, memiliki tempat khusus di Mabes Polri. Mantan diplomat ini disebut kenal dekat dengan para jenderal Polri, terutama mantan Wakapolri Komjen Pol Makbul Padmanegara.

Liputan6.com, Jakarta: Sudah kesekian kali mantan Kepala Bareskrim Polri, Komisaris Jenderal Polisi Susno Duadji, mengungkap keberadaan Mister X. Itu sebutan Susno untuk seorang makelar kasus. Saat hadir di Komisi Hukum DPR, pekan lalu, Susno kembali mengungkap keberadaan Mister X. Siapa sebenarnya Mister X?

Mister X yang dimaksud Susno adalah SJ, yang belakangan diketahui sebagai Sjahril Djohan. Sjahril adalah seorang mantan diplomat, yang disebut-sebut memiliki ruang khusus, di sebelah ruangan Wakil Kepala Polri yang saat itu dijabat Komisaris Jenderal Polisi Makbul Padmanegara. Susno menyebutkan, SJ memiliki hubungan khusus dengan Makbul.

Makbul yang saat ini diduga berada di luar negeri, membantah tudingan Susno Duadji. Menurut Makbul, perkenalannya dengan Syahril, hanya sebatas teman biasa. Makbul juga membantah pernyataan Susno bahwa dirinya terlibat dalam praktek makelar kasus, termasuk dalam bisnis ikan arwana yang melibatkan pengusaha Singapura di Pekanbaru. Makbul malah balik menuding, justru Susno lebih dekat dengan SJ, dan sudah seperti kakak beradik.

Pada hari ini, Selasa (13/3), Syahril Djohan pulang ke tanah air [baca: Sjahril Djohan Pulang Atas Kemauan Sendiri]. Kepulangan ini diharapkan bisa menjadi pintu untuk makin menguak maraknya praktik makelar kasus di Mabes Polri. Dugaan praktik markus di Mabes Polri sebelumnya juga terungkap melalui pengakuan pegawai pajak Gayus Halomoan Tambunan dan dan mantan pegawai Ditjen Pajak Bahasyim Assifi.(ARL/YUS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.