Sukses

Pemerintah Bentuk Tim Persiapan Panitia Seleksi KPK

Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar mengatakan, pemerintah telah membentuk tim untuk mempersiapkan pembentukan panitia seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Liputan6.com, Padang: Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar mengatakan, pemerintah telah membentuk tim untuk mempersiapkan pembentukan panitia seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sudah ada amanat presiden untuk menunjuk Menkopolhukam sebagai 'vocal point' tim tersebut," kata Patrialis ketika ditemui saat kunjungan kerja ke Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/3).

Patrialis mengaku, sudah dihubungi oleh Menkopolhukam Djoko Suyanto untuk bergabung dalam tim tersebut. "Mungkin pekan depan tim akan mulai bekerja," kata Patrialis menambahkan.

Menurut dia, awalnya ada wacana untuk mempersiapkan panitia seleksi yang hanya akan menyeleksi seorang pimpinan KPK yang akan menggantikan pelaksana tugas sementara Ketua KPK Tumpak Hatorangan Panggabean yang sudah berhenti dari jabatannya. Namun, kata Patrialis, ada gagasan lain untuk sekalian menyeleksi lima orang pimpinan KPK. "Seorang langsung bertugas menggantikan Pak Tumpak, sedangkan empat lainnya akan bekerja di awal periode pimpinan yang baru," paparnya.

Periode kepemimpinan KPK yang baru akan dimulai pada 2012. Patrialis menegaskan, kelima pimpinan KPK yang baru tetap akan menjabat selama empat tahun. Karena itu, seorang pimpinan yang bertugas lebih awal juga tetap hanya akan bekerja selama empat tahun.

Pemerintah menjamim tidak akan "menanam" orang dalam kepemimpinan KPK. Dia beralasan, proses akhir pemilihan ketua KPK ada di DPR. "Jadi kalau DPR memandang calon yang diajukan pansel (panitia seleksi) tidak memenuhi syarat, pasti tidak akan dipilih," ujarnya.(ANT.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.