Sukses

Seorang Tersangka Teroris Aceh Masih Kerabat Amrozi

Zainudin alias Joko Sulistyo, salah seorang dari 31 tersangka teroris yang ditangkap di Aceh, ternyata suami dari keponakan Amrozi, terpidana kasus bom Bali.

Liputan6.com, Boyolali: Salah seorang dari 31 tersangka teroris yang ditangkap polisi di Nanggroe Aceh Darussalam, Zainudin alias Joko Sulistyo, ternyata masih kerabat Amrozi, terpidana mati kasus bom Bali. Joko yang tercatat sebagai warga Dukuh, Jebol, Desa Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menikahi salah satu keponakan Amrozi pada 2009. Hal itu dibenarkan Sumiatno, Bayan Desa Donohudan sekaligus tetangga Joko di RT 3/RW 7 Dukuh Jebol, Ahad (14/3).

"Saya diundang saat pernikahan Joko. Nama istrinya tak dikenali warga setempat, yang diketahui hanyalah istri Joko itu anak kakak kandung Amrozi," kata Sumiatno. Hal senada diucapkan Mul Suparmi, tetangga lain dari Joko. Menurutnya, istri Joko bersikap tertutup sehingga warga tidak pernah mengenali namanya.

Menurut Sumiatno, istri Joko kini punya anak berusia sekitar dua bulan dan tinggal bersama orang tua Joko, Parinem. Sumiatno mengutip perkataan Parinem yang mengatakan Joko sudah setengah bulan meninggalkan rumah untuk mencari kerja di Kalimantan.

Sumiatno menambahkan, dulu rumah Joko sering diintai oleh puluhan polisi hingga berhari-hari. Polisi saat itu, katanya, mencari Abdulgani yaitu suami dari kakak kandung Joko bernama Ningsih. "Abdulgani kalau tidak salah sudah ditahan oleh polisi," kata Sumiatno.

Joko Sulistyo ditangkap kepolisian di Desa Meunasah Mesjid, Kecamatan Leupung, NAD. Dari 31 tersangka teroris itu empat di antaranya tewas.(Ant/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini