Sukses

Terduga Pemicu Bentrokan HMI-Polisi Dicokok

Terduga pemicu bentrokan antara polisi dengan mahasiswa HMI yang terjadi beberapa hari lalu, hingga meluas ke sejumlah daerah lain akhirnya berhasil ditangkap polisi satuan Polwiltabes Makassar.

Liputan6.com, Makassar: Kamaruddin alias Kama Cappi alias Ashari Setiawan, kader HMI cabang Makassar, yang diduga menjadi pemicu bentrokan mahasiswa HMI dan polisi, di Sekretariat HMI, akhirnya ditangkap satuan Polwiltabes Makassar saat sedang berada di perbatasan Kabupaten Takalar, Jeneponto, bersama tiga rekannya, Jumat (12/3).

Mahasiswa Pascasarjana Universitas 45 Makassar ini pernah terlibat kasus pencurian kendaraan bermotor, kasus penganiayaan, dan percobaan pembakaran mobil langsung dibawa ke Mapolwiltabes Makassar dalam pengamanan ketat polisi.

Kamaruddin saat berada di Mapolwiltabes mengaku, sebelum terjadi aksi penyerangan di Sekretariat HMI Cabang Makassar, dirinya terlibat adu mulut dengan Sutriman, anggota Densus 88 usai melakukan aksi demostrasi di depan kampus Universitas 45 dan berlanjut ke Sekretariat HMI Cabang Makassar.

Terkait kasus tersebut, Ketua Harian Majelis Nasional Pimpinan Kolektif Korps Alumni HMI (KAHMI), Dr Abidin Syah Siregar, usai melakukan pertemuan dengan Kapolda Sulsel dan Sulbar Irjen Polisi Adang Rochjana, menyatakan belum bisa mengambil langkah-langkah karena masih beranggapan kasus tersebut masih dalam tahap pemeriksaan polisi.

Abidin Syah juga mengakui pemecatan anggota HMI tentu harus melewati mekanisme sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Hingga berita ini diturunkan, Kamaruddin masih diperiksa secara intensif di ruang penyidik reserse kriminal Polwilitabes Makassar. Rencananya, penentuan status Kamaruddin akan diputuskan Sabtu (13/3) sore ini.(IDS/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini