Sukses

Teliti Saat Bertransaksi di ATM

Anda sering bertransaksi di ATM? Sebaiknya lebih berhati-hati. Menurut data kepolisian, tren pembobolan bank makin tinggi.

Liputan6.com, Sidoarjo: Aparat Kepolisian Resor Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (21/1), menggelar sosialisasi dan imbauan agar nasabah berhati-hati ketika bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM). Pasalnya tren kejahatan perbankan makin lama makin meningkat.

Tips berikut mungkin bisa membantu ketika bertransaksi di ATM agar rekening Anda aman.

- Setelah bertransaksi di ATM, sebaiknya memasukkan kembali kartu ke mesin. Tekan personal identification number (PIN) yang bukan milik Anda. Setelah itu tekan cancel, dan keluarkan kartu. Dengan demikian, PIN Anda tidak akan terekam di mesin.

- Perhatikan mesin ATM. Beberapa alat yang ditaruh pembobol rekening berupa kamera intip (spycam) di dinding mesin. Bahkan menempelkannya di ruang penutup PIN. Jika merasa ada yang aneh dengan mesin ATM, urungkan niat bertransaksi.(OMI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini