Sukses

Hari Antikorupsi Dirayakan, Korupsi Masih Merajalela

Sementara Hari Antikorupsi dirayakan dengan meriah, ditemukan banyak calo penyedia jasa mengurus paspor di Kantor Keimigrasian dengan tarif selangit.

Liputan6.com, Jakarta: Hari Antikorupsi Sedunia diperingati dengan meriah beberapa hari silam. Namun kesemarakan itu masih juga dibarengi dengan "kemeriahan" korupsi di berbagai lembaga pemerintah. Berdasarkan pantauan SCTV di Kantor Imigrasi, Jakarta, ditemukan banyak calo penyedia jasa mengurus paspor dengan tarif selangit.

Dari tarif normal yang tak lebih dari Rp 270 ribu menjadi Rp 700 ribu. Untuk pesanan menyelesaikan paspor dalam sehari kerja bisa mencapai Rp 1,3 juta hingga Rp 1,5 juta.

Tak sulit menemukan calo. Mereka beroperasi dengan leluasa di depan kantor imigrasi dan memberikan setoran kepada "orang dalam". Bila pemohon tidak melalui calo, jangan heran paspor yang dibutuhkan baru selesai setelah diproses selama dua pekan.(ZAQ/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini