Sukses

BPK Serahkan Audit Bank Century Besok

BPK akan menyerahkan hasil audit investigasi Bank Century kepada DPR, Senin besok. ICW berharap laporan itu akan menguak aliran dana talangan sebesar Rp 6,7 triliun tersebut.

Liputan6.com, Jakarta: Senin besok, Badan Pemeriksa Keuangan berencana menyerahkan hasil audit investigasi Bank Century kepada Dewan Perwakilan Rakyat. Sejumlah pihak termasuk Indonesia Corruption Watch atau ICW berharap laporan itu akan menguak aliran dana talangan sebesar Rp 6,7 triliun tersebut.

Sejak dinyatakan sebagai bank gagal pada November tahun silam, Century mendapat empat kali suntikan dana yang totalnya mencapai Rp 6,7 triliun. Hal ini memicu perdebatan karena tidak mendapat persetujuan dari DPR. Terlebih, notulensi rapat yang ditandatangani Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia saat itu menunjukkan Century pada mulanya hanya memerlukan suntikan dana Rp 623 miliar [baca: Depkeu Bantah "Dokumen" Notulensi Rapat Bank Century].

Menurut ICW, jika BPK tidak mau mengungkap ke mana arah aliran dana talangan Century, maka kasus ini tak ubahnya sebuah ketidakjujuran kepada publik.

Adapun berdasarkan informasi kepolisian, hingga kini dana Rp 6,7 triliun tersebut belum juga bisa dicairkan oleh para nasabah Century. Spekulasi pun merebak, jika dana tersebut tidak sepenuhnya digunakan untuk membenahi Bank Century yang kini telah berganti nama menjadi Bank Mutiara. Simak selengkapnya di video berikut.(WIL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.