Sukses

Presiden Lantik Pelaksana Tugas Pimpinan KPK

Ketiga pelaksana tugas pimpinan KPK dilantik di Istana Negara. Presiden minta kasus Bank Century segera diusut.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik tiga pelaksana tugas (Plt) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/10). Tumpak Hatorangan menggantikan Antasari Azhar, Mas Achmad Santosa menggantikan Chandra Hamzah, dan Waluyo menempati posisi Bibit Samad Riyanto.

Salah satu kasus yang akan segera diusut adalah kasus Bank Century. Presiden meminta pemeriksaan kasus ini dilakukan secara transparan. Acara pelantikan juga dihadiri dua pejabat KPK yang masih tersisa yaitu M. Jasin dan Haryono Umar.

Sementara itu, Plt pimpinan KPK yang disorot keberadaannya adalah Mas Achmad Santosa. Sebab sang istri bekerja untuk Todung Mulya Lubis yang merupakan salah satu anggota Tim Lima. Dikhawatirkan keberadaan Mas Ahmad akan menimbulkan konflik kepentingan.

Sedangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, hari ini digelar sidang kedua praperadilan dari Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terhadap Kapolri dan Bareskrim, yang menetapkan status tersangka pada pimpinan KPK, Chandra Hamzah dan Bibid Samad Riyanto. Sidang yang berlangsung tidak lebih dari 15 menit ini dilanjutkan Rabu besok untuk mendengar tanggapan Mabes Polri. Simak selengkapnya dalam video berikut.(TES/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.